RPP INTERPERSONAL


(RPP INTERPERSONAL)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII/1
Pertemuan ke : 1, 2 & 3
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
Jenis Teks                 : Interpersonal
Aspek/ Skill : Mendengarkan

A.  STANDAR KOMPETENSI:
1. Memahami makna dadalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
B.  KOMPETENSI DASAR:
 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam   bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, memerintah atau melarang
C.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:
Siswa dapat merespon ungkapan-ungkapan:
Sapaan kepada orang yang sudah/ belum dikenal
Perkenalan diri sendiri/ orang lain
Memerintah/ melarang
D.  TUJUAN PEMBELAJARAN:
 Pertemuan 1:
Siswa dapat mengenali ungkapan sapaan kepada orang yang sudah dikenal.
Siswa dapat merespon secara tertulis sapaan orang lain yang sudah dikenal
Siswa dapat mengenali ungkapan sapaan kepada orang yang belum dikenal.
Siswa dapat merespon secara tertulis sapaan orang lain yang belum dikenal
Siswa dapat mengenali ungkapan yang digunakan unuk memperkenalkan diri.

Pertemuan 2:
Siswa dapat mengenali ungkapan yang digunakan unuk memperkenalkan orang lain.
Pertemuan 3:
Siswa dapat mengenali ungkapan memerintah/ melarang
Siswa dapat merespon secara fisik ungkapan perintah/ larangan
E.  MATERI  AJAR:
Greeting/Menyapa terhadap orang yang belum dikenal
A    : Good morning. How are you?
B    : Good morning. I’m fine and you?
A    : I‘m fine, too.
Greeting/Menyapa terhadap orang yang sudah dikenal
Rinto          : Helo, Fadil. How are you?
Fadil          : Hi, Rinto. I’m fine and you?
Rinto          : I‘m fine, too.
Introducing oneself/ Memperkenalkan diri
A: Hello, I’m Nina.
B: Hi, I’m Reni. Nice to meet you.
Introducting others/ Memperkenalkan orang lain
Ahmad       : Hi, Nina. This is Rini.
Nina           : Hi, Rini. “How do you do”-
Rini            : Hi, Nina.  “How do you do”
Prohibition/ Melarang
A: Don’t do that, OK?.
B: No, I won’t.
Imperative/Memerintah
A: Stop it, please.
B: OK

F.  METODE PEMBELAJARAN
Metode: Pre Listening, Whilst Listening, Post Listening
G.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan 1: (Greeting/Menyapa orang yang sudah/ belum dikenal dan Memperkenalkan diri & Memperkenalkan diri).

NO
KEGIATAN
Waktu
Strategi belajar
1.











2.















3.
Kegiatan Awal/ Pre Listening
·         Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa.
·         Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama,alamat, asal sekolah dll.)
·         Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.


Kegiatan Inti/ Whilst Listening
·         Siswa  memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang greeting dan introduction.
·         Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan greeting dan introduction serta masing-masing responnya di papan tulis
·         Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
·         Siswa menyimpulkan tentang tindak tutur yang dipakai dalam sapaan dan perkenalan diri
·         Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.

Kegiatan Akhir/ Post Listening
·         Sambil mendengarkan dialog , siswa melengkapi the missing word/phrasess pada lembar kerja yang telah disediakan guru
·         Bersama guru siswa mendiskusikan jawaban tugas tadi.


3’

5’


2’






10’


10’


5’

15’

15’



10’

5’


Ice Breaker

Ice Breaker


Ice Breaker






Modeling


Brainstorming


Discussion

Discussion

Imitation



Assignment

Discussion

Jumlah
80’

 
Pertemuan 2: (Memperkenalkan Orang lain)

NO
KEGIATAN
WAKTU
STRATEGI BELAJAR
1.







2.















3.
Kegiatan Awal/ Pre Listening
·         Menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi.
·         Mendengarkan pennjelasan guru tentang kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.



Kegiatan Inti/ Whilst Listening
·         Siswa  memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang memperkenalkan orang lain.
·         Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan beserta responnya di papan tulis.
·         Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
·         Siswa menyimpulkan tentang ungkapan serta responsenya yang dipakai dalam memperkenalkan orang lain.
·         Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.
·         Setelah ditunjuk guru, siswa secara individual merespon guru yang memperkenalkan seorang siswa lainnya.



Kegiatan Akhir/ Post Listening
·         Siswa bersama guru mereview ungkapan dan respon yang digunakan untuk memperkenalkan orang lain.


3’

2’





15’

10’

5’

10’


10

20’






5’





Ice Breaker

Ice Breaker





Modeling

Brainstorming

Discussion

Discussion


Imitation

Performance






Discussion

Jumlah
80’








Pertemuan 3: (Menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu)
NO
KEGIATAN
WAKTU
STRATEGI BELAJAR
1.








2.



















3.





4.
Kegiatan Awal/ Pre Listening
·         Menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi.
·         Mendengarkan pennjelasan guru tentang kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan.

Kegiatan Inti/ Whilst Listening
·         Siswa  memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang  menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu.
·         Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan beserta responsenya di papan tulis.
·         Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
·         Siswa menyimpulkan tentang ungkapan serta responsenya yang dipakai dalam menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu.
·         Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.
·         Siswa secara klasikal/ bersama sama melakukan apa yang diperintahkan/ dilarang oleh guru.
·         Siswa secara individual (disebutkan namanya) melakukan apa yang diperintahkan/ dilarang oleh guru/siswa lain.

Kegiatan Akhir/ Post Listening
·         Siswa bersama guru mereview ungkapan dan respon yang digunakan untuk memperkenalkan orang lain.


Post Test

2’

2’





5’


3’

5’

5’


4’

5’



6’





2’




40’

Ice Breaker

Ice Breaker





Modelling


Brainstorming

Discussion
Discussion



Imitation

TPR
(total Pyshical Respone)

Idem
(PPR)




Discussion



80’


 H.  SUMBER BELAJAR
Alat            : TV, tape dan kaset vcd 

Bahan       : Listening script/ text
Share this article :

Posting Komentar

-_-baingat dingsanaklah -_-
diganang selajur admin

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. beelzeboyz - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger